Selalu Mengingat Mati

Bila Selalu Mengingat Mati
K.H. Abdullah Gymnastiar
--------------------------------------------------------------------------------

Sehalus-halus kehinaan di sisi ALLOH adalah tercerabutnya kedekatan kita dari sisi-Nya. Hal ini biasanya ditandai dengan kualitas ibadah yang jauh dari meningkat, atau bahkan malah menurun. Tidak bertambah bagus ibadahnya, tidak bertambah pula ilmu yang dapat membuatnya takut kepada ALLOH, bahkan justru maksiat pun sudah mulai dilakukan, dan anehnya yang bersangkutan tidak merasa rugi. Inilah tanda-tanda akan tercerabutnya nikmat berdekatan bersama ALLOH Azza wa Jalla.

Pantaslah bila Imam Ibnu Athoillah pernah berujar, "Rontoknya iman ini akan terjadi pelan-pelan, terkikis-kikis sedikit demi sedikit sampai akhirnya tanpa terasa habis tandas tidak tersisa". Demikianlah yang terjadi bagi orang yang tidak berusaha memelihara iman di dalam kalbunya. Karenanya jangan pernah permainkan nikmat iman di hati ini.

Ada sebuah kejadian yang semoga dengan diungkapkannya di forum ini ada hikmah yang bisa diambil. Kisahnya dari seorang teman yang waktu itu nampak begitu rajin beribadah, saat shalat tak lepas dari linang air mata, shalat tahajud pun tak pernah putus, bahkan anak dan istrinya diajak pula untuk berjamaah ke mesjid. Selidik punya selidik, ternyata saat itu dia sedang menanggung utang. Karenanya diantara ibadah-ibadahnya itu dia selipkan pula doa agar utangnya segera terlunasi. Selang beberapa lama, ALLOH Azza wa Jalla, Zat yang Mahakaya dan Maha Mengabulkan setiap doa hamba-Nya pun berkenan melunasi utang rekan tersebut.

Sayangnya begitu utang terlunasi doanya mulai jarang, hilang pula motivasinya untuk beribadah. Biasanya kehilangan shalat tahajud menangis tersedu-sedu, "Mengapa Engkau tidak membangunkan aku, ya ALLOH?!", ujarnya seakan menyesali diri. Tapi lama-kelamaan tahajud tertinggal justru menjadi senang karena jadual tidur menjadi cukup. Bahkan sebelum azan biasanya sudah menuju mesjid, tapi akhir-akhir ini datang ke mesjid justru ketika azan. Hari berikutnya ketika azan tuntas baru selesai wudhu. Lain lagi pada besok harinya, ketika azan selesai justru masih di rumah, hingga akhirnya ia pun memutuskan untuk shalat di rumah saja.

Begitupun untuk shalat sunat, biasanya ketika masuk mesjid shalat sunat tahiyatul mesjid terlebih dulu dan salat fardhu pun selalu dibarengi shalat rawatib. Tapi sekarang saat datang lebih awal pun malah pura-pura berdiri menunggu iqamat, selalu ada saja alasannya. Sesudah iqamat biasanya memburu shaf paling awal, kini yang diburu justru shaf paling tengah, hari berikutnya ia memilih shaf sebelah pojok, bahkan lama-lama mencari shaf di dekat pintu, dengan alasan supaya tidak terlambat dua kali. "Kalau datang terlambat, maka ketika pulang aku tidak boleh terlambat lagi, pokoknya harus duluan!" Pikirnya.

Saat akan shalat sunat rawatib, ia malah menundanya dengan alasan nanti akan di rumah saja, padahal ketika sampai di rumah pun tidak dikerjakan. Entah disadari atau tidak oleh dirinya, ternyata pelan-pelan banyak ibadah yang ditinggalkan. Bahkan pergi ke majlis ta'lim yang biasanya rutin dilakukan, majlis ilmu di mana saja dikejar, sayangnya akhir-akhir ini kebiasaan itu malah hilang.

Ketika zikir pun biasanya selalu dihayati, sekarang justru antara apa yang diucapkan di mulut dengan suasana hati, sama sekali bak gayung tak bersambut. Mulut mengucap, tapi hati malah keliling dunia, masyaallah. Sudah dilakukan tanpa kesadaran, seringkali pula selalu ada alasan untuk tidak melakukannya. Saat-saat berdoa pun menjadi kering, tidak lagi memancarkan keuatan ruhiah, tidak ada sentuhan, inilah tanda-tanda hati mulai mengeras.

Kalau kebiasaan ibadah sudah mulai tercerabut satu persatu, maka inilah tanda-tanda sudah tercerabutnya taupiq dari-Nya. Akibat selanjutnya pun mudah ditebak, ketahanan penjagaan diri menjadi blong, kata-katanya menjadi kasar, mata jelalatan tidak terkendali, dan emosinya pun mudah membara. Apalagi ketika ibadah shalat yang merupakan benteng dari perbuatan keji dan munkar mulai lambat dilakukan, kadang-kadang pula mulai ditinggalkan. Ibadah yang lain nasibnya tak jauh beda, hingga akhirnya meningallah ia dalam keadaan hilang keyakinannya kepada ALLOH. Inilah yang disebut suul khatimah (jelek di akhir), naudzhubillah. Apalah artinya hidup kalau akhirnya seperti ini.

***

Ada lagi sebuah kisah pilu ketika suatu waktu bersilaturahmi ke Batam. Kisahnya ada seorang wanita muda yang tidak bisa menjaga diri dalam pergaulan dengan lawan jenisnya sehingga dia hamil, sedangkan laki-lakinya tidak tahu entah kemana (tidak bertanggung jawab). Hampir putus asa ketika si wanita ini minta tolong kepada seorang pemuda mesjid. Ditolonglah ia untuk bisa melakukan persalinan di suatu klinik bersalin, hingga ia bisa melahirkan dengan lancar. Walau tidak jelas siapa ayahnya, akhirnya si wanita ini pun menjadi ibu dari seorang bayi mungil.

Sayangnya, sesudah beberapa lama ditolong, sifat-sifat jahiliyahnya kambuh lagi. Mungkin karena iman dan ilmunya masih kurang, bahkan ketika dinasihati pun tidak mempan lagi hingga akhirnya dia terjerumus lagi. Demikianlah kisah si wanita ini, ia kembali hamil di luar nikah tanpa ada pria yang mau bertanggung jawab.

Lalu ditolonglah ia oleh seseorang yang ternyata aqidahnya beda. Si orang yang akan membantu pun menawarkan bantuan keuangan dengan catatan harus pindah agama terlebih dulu. Si wanita pun menyetujuinya, dalam hatinya "Toh hanya untuk persalinan saja, setelah melahirkan aku akan masuk Islam lagi". Tapi ternyata ALLOH menentukan lain, saat persalinan itu justru malaikat Izrail datang menjemput, meninggalah si wanita dalam keadaan murtad, naudzhubillah.

***

Cerita ini nampaknya bersesuaian pula dengan sebuah kisah klasik dari Imam Al Ghazali.

Suatu ketika ada seseorang yang sudah bertahun-tahun menjadi muazin di sebuah menara tinggi di samping mesjid. Kebetulan di samping mesjid itu adapula sebuah rumah yang ternyata dihuni oleh keluarga non-muslim, diantara anak-anak keluarga itu ada seorang anak perempuan berparas cantik yang sedang berangkat ramaja.

Tiap naik menara untuk azan, secara tidak disengaja tatapan mata sang muazin selalu tertumbuk pada si anak gadis ini, begitu pula ketika turun dari menara. Seperti pepatah mengatakan "dari mata rurun ke hati", begitulah saking seringnya memandang, hati sang muazin pun mulai terpaut akan paras cantik anak gadis ini. Bahkan saat azan yang diucapkan di mulut Allahuakbar-Allahuakbar, tapi hatinya malah khusyu memikirkan anak gadis itu.

Karena sudah tidak tahan lagi, maka sang muazin ini pun nekad mendatangi rumah si anak gadis tersebut dengan tujuan untuk melamarnya. Hanya sayang, orang tua si anak gadis menolak dengan mentah-mentah, apalagi jika anaknya harus pindah keyakinan karena mengikuti agama calon suaminya, sang muazin yang beragama Islam itu. "Selama engkau masih memeluk Islam sebagai agamamu, tidak akan pernah aku ijinkan anakku menjadi istrimu" ujar si Bapak, seolah-olah memberi syarat agar sang muazin ini mau masuk agama keluarganya terlebih dulu.

Berpikir keraslah sang muazin ini, hanya sayang, saking ngebetnya pada gadis ini, pikirannya seakan sudah tidak mampu lagi berpikir jernih. Hingga akhirnya di hatinya terbersit suatu niat, "Ya ALLOH saya ini telah bertahun-tahun azan untuk mengingatkan dan mengajak manusia menyembah-Mu. Aku yakin Engkau telah menyaksikan itu dan telah pula memberikan balasan pahala yang setimpal. Tetapi saat ini aku mohon beberapa saat saja ya ALLOH, aku akan berpura-pura masuk agama keluarga si anak gadis ini, setelah menikahinya aku berjanji akan kembali masuk Islam". Baru saja dalam hatinya terbersit niat seperti itu, dia terpeleset jatuh dari tangga menara mesjid yang cukup tinggi itu. Akhirnya sang muazin pun meninggal dalam keadaan murtad dan suul khatimah.

***

Kalau kita simak dengan seksama uraian-uraian kisah di atas, nampaklah bahwa salah satu hikmah yang dapat kita ambil darinya adalah jikalau kita sedang berbuat kurang bermanfaat bahkan zhalim, maka salah satu teknik mengeremnya adalah dengan 'mengingat mati'. Bagaimana kalau kita tiba-tiba meninggal, padahal kita sedang berbuat maksiat, zhalim, atau aniaya? Tidak takutkah kita mati suul khatimah? Naudzhubillah. Ternyata ingat mati menjadi bagian yang sangat penting setelah doa dan ikhtiar kita dalam memelihara iman di relung kalbu ini. Artinya kalau ingin meninggal dalam keadaan khusnul khatimah, maka selalulah ingat mati.

Dalam hal ini Rasulullah SAW telah mengingatkan para sahabatnya untuk selalu mengingat kematian. Dikisahkan pada suatu hari Rasulullah keluar menuju mesjid. Tiba-tiba beliau mendapati suatu kaum yangsedang mengobrol dan tertawa. Maka beliau bersabda, "Ingatlah kematian. Demi Zat yang nyawaku berada dalam kekuasaan-Nya, kalau kamu mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kamu akan tertawa sedikit dan banyak menangis."

Dan ternyata ingat mati itu efektif membuat kita seakan punya rem yang kokoh dari berbuat dosa dan aniaya. Akibatnya dimana saja dan kapan saja kita akan senantiasa terarahkan untuk melakukan segala sesuatu hanya yang bermanfaat. Begitupun ketika misalnya, mendengarkan musik ataupun nyanyian, yang didengarkan pasti hanya yang bermanfaat saja, seperti nasyid-nasyid Islami atau bahkan bacaan Al Quran yang mengingatkan kita kepada ALLOH Azza wa Jalla. Sehingga kalaupun malaikat Izrail datang menjemput saat itu, alhamdulillah kita sedang dalam kondisi ingat kepada ALLOH. Inilah khusnul khatimah.

Bahkan kalau kita lihat para arifin dan salafus shalih senantiasa mengingat kematian, seumpama seorang pemuda yang menunggu kekasihnya. Dan seorang kekasih tidak pernah melupakan janji kekasihnya. Diriwayatkan dari sahabat Hudzaifah r.a. bahwa ketika kematian menjemputnya, ia berkata, "Kekasih datang dalam keadaan miskin. Tiadalah beruntung siapa yang menyesali kedatangannya. Ya ALLOH, jika Engkau tahu bahwa kefakiran lebih aku sukai daripada kaya, sakit lebih aku sukai daripada sehat, dan kematian lebih aku sukai daripada kehidupan, maka mudahkanlah bagiku kematian sehingga aku menemui-Mu."

Akhirnya, semoga kita digolongkan ALLOH SWT menjadi orang yang beroleh karunia khusnul khatimah. Amin! 

Acer Iconia A500 Mulai 6-8 Mei 2011 Rp. 4,59 juta

Menyambut Acer Iconia A500 mulai 6-8 Mei 2011 di acara Acer Iconia Exhibition di Senayan City, Jakarta.Tablet Acer ini hanya akan dijual versi Wi-Fi saja dengan pilihan 16GB dan 32GB. Harga promosi mulai dari Rp. 4,59 juta. Acer Iconia didukung dengan prosesor dual core Nvidia Tegra 2 dengan kecepatan 1GHz dan memiliki plug in flash 10.2. Juga ditenagai dengan baterai 2 sel yang diklaim bisa bertahan hingga 6-8 jam untuk pemutaran video HD.

Berikut ini spesifikasi Acer Iconia A500 :

  1. Android Honeycomb 3.0
  2. 1GHz Dual-core Processor (NVIDIA Tegra 2 Chip)
  3. 1GB RAM
  4. 10.1 inch LCD Capacitive Touchscreen dengan resolusi 1280x800 pixels
  5. Kamera belakang 5MP dengan kemampuan merekam video
  6. 2MP untuk Video Call
  7. 16GB onboard storage dengan microSD support hingga 64GB
  8. Graphics ? NVIDIA GeForce
  9. Konektivitas - WiFi, sambungan USB, Micro HDMI port

Windows Phone Marketplace Hadir di Indonesia

Hari ini para developer kreatif akan memperagakan ide-de mereka dalam membangun sebuah aplikasi yang nantinya akan ditempatkan ke App Hub milik Microsoft. Selama 24 jam nanti para developer tersebut akan bertarung memperagakan aplikasi terbaik mereka. Dan hari ini, Windows Phone Marketplace secara resmi hadir di Indonesia, bersama lima negara lainnya seperti Malaysia, Peru, Filipina dan Argentina, seperti yang dilansir windowsteamblog (3/2). Kehadiran Windows Phone Marketplace ini, untuk menerima ide-ide para developer Indonesia yang akan bertarung di ajang "developer day", di Bandung pada tanggal 4 dan 5 Februari ini, sebelum nantinya Nokia Lumia yang menggunakan OS Windows Phone diperkenalkan di Indonesia.

Sedangkan Bagi pemilik Windows Phone yang sebelumnya masih menggunakan Windows Phone 7, sekarang bisa ke Windows Phone 7.5 atau yang dikenal dengan nama mango, agar dapat menggunakan Marketplace dari Microsoft. Setidaknya, beberapa saat lagi, bagi Anda yang menggunakan smartphone Windows bisa menikmati beberapa aplikasi yang dirancang oleh para developer lokal. Ghiboo.com

Kontes SEO 2012 Berhadiah Sepeda Motor

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Informasi kontes SEO lagi sob, kali ini hadiahnya lumayan banget. diprediksi banyak master-master yang memeriahkan kontes ini, soalnya hadiahnya lumayan gede banget, berbanding dengan kerja keras. Info ini femalebox dapakan dari welovehonda Indonesia

Target Keyword

Waktu Pelaksanaan
1 Februari 2012 (Jam 12:00 wib) - 31 Mei 2012 (Jam 12:00 wib)

Pengumuman Pemenang
7 Juni 2012



Kontes SEO Berhadiah Sepeda Motor

Kriteria Penilaian Artikel Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Peraturan:

  1. Jumlah paragraf tiap artikel minimal 4 paragraf atau 1500 karakter, acuannya pada artikel di http://www.welovehonda.com mengenai teknologi injeksi dari Honda yaitu Honda PGM-FI. (tidak dianjurkan untuk copy paste).
  2. Tulisan belum pernah dilombakan pada kegiatan serupa untuk merek atau produk lain.
  3. Penulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kategori (pilih salah satu):
  1. Teknis/Informasi (artikel bercerita tentang keunggulan teknis Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda).
  2. Gaya Hidup (artikel bercerita tentang pengalaman terbaik bersama Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda).
  3. Berita/Analisa Berita (artikel hasil kumpulan dari berita-berita Honda PGM-FI di berbagai portal berita).

Kriteria Penilaian:

  1. Penilaian artikel ditentukan dari keterkaitan judul, akurasi data, tata bahasa, pengaruh dan keakuratan foto artikel.
  2. Respon pembaca dari posting artikel oleh pembaca dengan komentar maupun share ke social media.
  3. Setiap artikel yang dilombakan akan dibaca dan ditentukan pemenangnya oleh dewan juri.
  4. Dewan juri berhak mengganti kategori yang telah ditentukan peserta lomba.
  5. Dewan juri berhak mendiskualifikasi peserta apabila terdapat unsur-unsur kecurangan


Tambahan :
Apabila Anda menemukan copas artikel antar peserta, Anda dapat melaporkan ke panitia:

email : info@hondapgm-fiseocompetition.com
dengan judul : Artikel SEO COMPETITION saya.
kemudian isi email adalah link artikel itu sendiri (tanpa gambar dan link), dan url peserta lain yang Anda laporkan melakukan copas.

Sekali lagi, juri penentu di search engine adalah Google dan Yahoo!

“Honda PGM-FI SEO Competition 2012” bukan hanya lomba ranking dihalaman 1 dan rangking 1 tapi cara-cara natural dimana search engine bot bekerja dengan cara natural dengan penuh kejujuran. Pastilah mas bro dan mbak sis sudah sangat paham.

Peraturan Kontes SEO Berhadiah Sepeda Motor

  1. Tidak diperbolehkan adanya unsur pornografi, diskriminasi, atau tindakan yang melanggar hukum dalam pelaksanaan SEO Game.
  2. Target Keyword: “Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda” dan membuat anchor link ke http://www.welovehonda.com
  3. Menambahkan Logo Honda PGM-FI SEO Competition 2012.
  4. SEO Contest ini menggunakan bahasa Indonesia sebagai content relevansinya.
  5. Relevansi content sangat diperhatikan disini, buatlah content berbahasa indonesia yang sesuai target kata kunci dan enak dibaca.
  6. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia.
  7. Hanya peserta yang terdaftar yang dapat bersaing dan memenangkan hadiah yang disediakan panitia.
  8. Pendaftaran tidak dipungut biaya dan terbuka untuk siapa saja tanpa batasan umur.
  9. Pendaftar / calon peserta wajib mengisi field kode pos di form pendaftaran.
  10. Setiap entry halaman peserta harus memiliki back link ke http://www.welovehonda.com
  11. Satu orang hanya dapat memperoleh satu hadiah. Peserta boleh mendaftar beberapa domain, dengan syarat nama, email, dan alamat harus sama. Nama berbeda tapi orangnya sama akan di diskualifikasi.
  12. Mengisi informasi alamat tinggal serta email yang valid. Bagi yang mendaftarkan diri tanpa mengisi alamat dengan jelas dan lengkap atau menggunakan email yang tidak bisa dihubungi (valid), kami meminta untuk mendaftarkan diri kembali karena pendaftaran yang tidak lengkap akan kami hapus.
  13. Anda diperbolehkan menggunakan domain yang telah ada, namun halaman/URL entry yang disubmit harus benar-benar baru dengan tanpa back link dan versi cache sebelumnya.
  14. Tidak menggunakan domain dan subdomain dengan target keyword yang di lombakan (tidak menjadikan 6 – 8 frase keyword yang dilombakan sebagai domain atau subdomain).
  15. Peraturan dapat ditambah atau diubah dari waktu ke waktu sesuai dengan feedback yang diterima dari peserta.
  16. Target pemenangan SEO Competition berupa scoring di Google (IP 74.125.71.147) dan Yahoo. Selain itu juga ada penjurian posting favorit. Penilaian kualitas artikel merupakan hak prerogatif juri.
  17. Dilarang copy paste artikel

Perlu di ingat:

Perlu diingat bahwa saat Anda register untuk Honda PGM-FI SEO Competition 2012, Anda harus memastikan bahwa entry URL yang Anda masukkan mengacu kepada halaman sebenarnya yang Anda submit untuk kontes.

Pada saat register, apabila terdapat kotak isian yang kosong atau URL entry tidak mengacu kepada spesifikasi yang seharusnya, maka entry akan dihapus.
Hanya teknik-teknik SEO yang etis saja yang dapat digunakan dalam kontes ini, dan para juri berhak untuk meninjau kembali teknik-teknik yang digunakan oleh para pemenang, untuk memastikannya.

500 peserta pertama yang memenuhi kualifikasi mendapatkan hadiah langsung.

Penilaian Pemenang :

(a) Hadiah Top Rank

Pada tanggal 31 Mei 2012 (Jam 12.00 wib), kami akan melakukan pencarian untuk “kata kunci” Google (IP 74.125.71.147) dan Yahoo dan menggabungkan nilai dan kemudian menentukan pemenang. Skor tersebut dihitung dengan memberikan poin ke posisi 1 – 10 pada setiap mesin pencari. Anda akan menerima 10 poin untuk peringkat 1, dan 1 poin untuk peringkat 10.

Sebagai contoh:
Situs web Anda: www.domainanda.com atau subdomain ? (Tidak menggunakan domain dan subdomain dengan target keyword yang di lombakan).

Peringkat di Google: 7 = 4 poin
Rank di Yahoo: 2 = 9 poin
Nilai kualitas artikel = 7 poin
Total poin untuk www.domainanda.com = 20 poin


(b) Hadiah Posting Favorit

Selain sistem nilai ini, kualitas kontent atau artikel juga diperhitungkan, dan ini merupakan hak prerogatif juri.
Selain sistem nilai di atas,akan diberikan pula penghargaan untuk posting favorit. Penilaian berdasar dari kualitas posting dan komentar yang timbul dari pembaca atas posting yang ditulis maupun share yang dilakukan pembaca posting tersebut.

(c) Pajak Hadiah Ditanggung Pemenang

Note: sumber penulisan artikel dapat di adopsi di www.welovehonda.com (tidak dianjurkan untuk melakukan copy paste).

Selamat berjuang sob melawan master-master seo Indonesia. Silahkan kopi paste artikel ini langsung ke blog anda untuk menambah informasi kepada yang lain. Info lengkap baca: http://hondapgm-fiseocompetition.com/

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Facebook dari Tahun ke Tahun

Mark Zuckerberg
Pada 2004 -Januari: Mark Zuckerberg, berusia 19 tahun jagoan komputer di Universitas Harvard, dari kamar asramanya mulai mengembangkan jejaring online yang awalnya bertujuan untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard.

-Februari: Thefacebook.com, seperti yang kemudian disebut, diluncurkan oleh Zuckerberg dan tiga teman sekamarnya serta teman sekelas di Harvard: Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz.

-Mei: Zuckerberg pindah ke Silicon Valley dan memutuskan untuk tidak kembali ke Harvard untuk semester musim gugur.

-Juli: Facebook menerima investasi pertama: 500 ribu dolar AS dari salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel.

-September: Facebook menambahkan "The Wall" untuk profil pengguna.

Pada 2005

-April: Facebook mendapat pendanaan besar putaran kedua sebesar 12,7 juta dolar AS dari Accel Partners.

-Agustus: Thefacebook.com resmi mengubah namanya menjadi Facebook.

Pada 2006

-Februari: Viacom menawarkan untuk membeli Facebook senilai 1,5 miliar dolar AS, tetapi ditolak. Yahoo! juga membuat tawaran yang tidak berhasil satu miliar dolar AS.

-September: Facebook menambahkan "News Feed" dan terbuka untuk siapapun selama berusia 13 tahun.

Pada 2007

-September: Facebook meluncurkan dana 10 juta dolar AS, menyediakan uang untuk perusahaan atau individu yang ingin membangun aplikasi.

-Oktober: Microsoft mengambil saham senilai 240 juta dolar AS di Facebook pada sebuah kesepakatan yang menilai jejaringan sosial pada 15 miliar dolar AS. Facebook memiliki 50 juta anggota.

-Desember: Zuckerberg meminta maaf atas "kesalahan" dalam peluncuran platform iklan baru yang disebut Beacon yang melacak pembelian yang dibuat oleh anggota Facebook dan membiarkan teman-teman mereka tahu apa yang telah mereka beli.

Pada 2008

-Februari: Sebuah penyelesaian 65 juta dolar AS dicapai dengan kembar Tyler dan Cameron Winklevoss atas tuduhan bahwa Zuckerberg mencuri ide mereka untuk Facebook semasa di Harvard. Facebook meluncurkan sebuah situs Spanyol.

-Maret: Sheryl Sandberg, seorang eksekutif utama Google, dipekerjakan sebagai chief operating officer Facebook. Situs Facebook Prancis dan Jerman diluncurkan.

-April: Facebook menurunkan tahta MySpace menjadi situs jejaring sosial yang paling populer di dunia.

-Agustus: keanggotaan Facebook capai 100 juta.

-September: Zuckerberg dinobatkan sebagai salah satu dari 400 orang Amerika terkaya oleh Majalah Forbes dengan kekayaan diperkirakan sebesar 1,5 miliar dolar AS.

-Oktober: Facebook membuka kantor pusat internasionalnya di Dublin, Irlandia.

Pada 2009

-Maret: Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertama untuk situs.

-April: Keanggotaan Facebook mencapai 200 juta.

-Mei: perusahaan internet Rusia Digital Sky Technologies menginvestasikan 200 juta dolar AS di Facebook dalam kesepakatan bahwa nilaii perusahaan pada 10 miliar dolar AS.

-September: Keanggotaan mencapai 300 juta. Zuckerberg mengatakan jejaringan sosialnya telah menjadi "arus kas positif," yang berarti penghasilannya telah mencukupi untuk menutupi biaya operasional.

-Desember: The Electronic Privacy Information Center, Center for Digital Democracy dan lain-lain meminta Komisi Perdagangan Federal AS untuk melihat kebijakan privasi dalam Facebook, mengklaim telah tertipu pengguna atas perlindungan data pribadi mereka ketika pihaknya mengubah pengaturan privasi.

Pada 2010

-Februari: keanggotaan Facebook mencapai 400 juta.

-Mei: Pakistan menutup akses ke Facebook setelah sebuah perlombaan mendorong pengguna untuk mengirim karikatur Nabi Muhammad di situs.

-Juli: Keanggotaan mencapai 500 juta. Lady Gaga menjadi orang pertama dengan 10 juta penggemar di Facebook, melampaui batas beberapa hari ke depan Presiden AS Barack Obama.

-Agustus: Facebook meluncurkan Facebook Places, yang memungkinkan anggota menggunakan perangkat ponsel untuk berbagi keberadaan mereka.

-Oktober: "The Social Network," film yang sutradarai David Fincher tentang asal dari Facebook, sukses di bioskop-bioskop. Film yang ditulis oleh Aaron Sorkin dan dibintangi Jesse Eisenberg dan bintang pop Justin Timberlake ini mencapai box office. Dinominasikan untuk delapan Oscar, dan meraih tiga: untuk "the best adapted screenplay, original score dan film editing".

-November: Alamat email Facebook.com diluncurkan.

-Desember: majalah Time memberi Zuckerberg gelar "Person of the Year" untuk "mengubah cara kita menjalani hidup kita setiap hari."

Pada 2011

-Januari: Sebuah penawaran saham privat menghasilkan 1,5 miliar dolar AS dari investor dan nilai Facebook pada 50 miliar dolar AS.

-Februari: Facebook mengumumkan rencana untuk pindah dari Palo Alto ke sebuah kampus luas yang pernah menjadi basis untuk Sun Microsystems di dekat Menlo Park.

-April: Facebook mulai menawarkan sebuah program serupa transaksi harian untuk tawar-menawar online yang dipopulerkan oleh Groupon tetapi menutup program tersebut pada Agustus. Obama mengunjungi markas Facebook di Palo Alto, menerima pertanyaan dari Zuckerberg, karyawan dan seorang audience online.

-September: Halaman timeline diperkenalkan yang memungkinkan pengguna Facebook merubah profil mereka ke dalam buku memo digital interaktif yang menceritakan kisah kehidupan mereka.

-November: Facebook setuju untuk memperketat kebijakan privasi dan menyerahkan kepada audit eksternal dalam penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal AS.

Pada 2012 

-Januari: Facebook mengajukan untuk penawaran umum saham perdana (IPO) yang ingin menghimpun sedikitnya lima miliar dolar AS. (A026/A011) 

----(antaranews)

Nokia Lumia diuncurkan di Inggris, Indonesia siap?

Nokia: Setelah Amerika Serikat, Nokia Lumia diuncurkan di Inggris. Sejumlah toko online telah menjajakan ponsel dengan sistem operasi Windows Phone ini. Sejumlah operator dikabarkan juga membundling ponsel ini. Belum diketahui kapan ponsel ini masuk ke pasar Indonesia. Rumor yang beradar Nokia Indonesia akan memasarkan Nokia Lumia bulan ini. Namun belum diperoleh keterangan, varian apa yang akan dipasarkan.


Di AS, Lumia 710 tersedia dalam warna hitam dan putih, berlayar anti gores ClearBlack 3,7 inci WVGA yang akan menampilkan image dengan jelas walaupun di luar ruangan. Berprosesor Qualcomm Snapdragon 1,4 GHz, yang memungkinkan akses cepat ke konten hiburan dan informasi di perjalanan. Berkamera 5 megapixel berteknologi Nokia, yang diklaim memungkinkan untuk mengambil gambar dalam hampir segala kondisi cahaya dan berbagi ke jejaring sosial dalam hitungan detik.
 Nokia 710

Dengan integrasi platform mobile solusi kehidupan-kerja lewat Windows Phone Office Hub dan pengalaman game mobile interaktif melalui Xbox LIVE, Nokia Lumia 710 diklaim bisa memberikan pengalaman pertama ponsel pintar serba lengkap.

Nokia Lumia 710 dibundling dengan berbagai layanan operator. Misalnya fitur People Hub. Hanya dengan satu klik, fitur ini memudahkan penggunanya  mengakses layanan populer seperti Netflix, T-Mobile TV dengan Mobile HD, dan pengalaman browsing dengan Internet Explorer Mobile. Pengguna juga dapat menemukan hasil pencarian Internet dengan Bing(TM) Search yang bisa diaktifkan dengan suara (voice activation) dan Local Scout untuk pencarian lokal yang relevan." republika"

Awas ada Malware Cinta di Facebook

Februari identik dengan tema cinta, karena pada bula februari ada yang namanya hari Valentine. Banyak juga orang yang merayakan hari ini di situs jejaring sosial misalnya facebook. Tapi awas, Anda harus berhati-hati karena clickjacking, aktivitas malware yang diawali dengan mengklik situs, sudah terdeteksi menjalankan aksinya dengan memanfaatkan romantisme Valentine. Laman sosial media pun menjadi salah satu sasaran penyebarluasan.

Temuan ini disampaikan oleh Trend Micro, salah perusahaan keamanan internet. Trend Micro telah menemukan dan mengidentifikasi malware Valentine yang mengincar pengguna Facebook di seluruh dunia. Serangan malware itu, kata Trend Micro, dimulai dengan ditemukannya sebuah posting dalam wall pengguna dan orang lain, yang berisi ajakan untuk mengklik dan meng-install tema atau theme gratis bagi tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine.

Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A, dan ketika dieksekusi itu akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu. Bagi pengguna yang mengklik dan meng-install melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman Facebook pengguna.

Selanjutnya dengan terinstalnya apikasi ini, maka malware itu akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkannya pada sebuah halaman survei, yang meminta Anda memasukkan nomor ponsel. Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus mengintal Facebook Environment, Anda akan langsung diarahkan pada halaman survei.

Pantauan Trend Micro terhadap aktifitas browser, TROJ_FOOBACE.A  sampai saat ini tidak terindikasi melakukan teknik pencurian data.  Tapi, Trend Micro, tetap memberikan peringatan agar pengguna tetap berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini, jadi berhati-hatilah.

Dampak Badai Matahari

Badai Matahari, akibat letusan lidah api Matahari yang terjadi pekan lalu menghadirkan ‘pertunjukan’ yang sangat indah di kawasan belahan utara Bumi. Namun menurut sejumlah pakar, badai itu juga berdampak besar bagi planet bumi. Badai surya memaksa sejumlah perangkat, misalnya satelit transmisi, meningkatkan daya yang digunakan sebagai kompensasi atas gangguan elektrik. Selain itu, badai juga memaksa sejumlah pesawat terbang mengubah rute mereka akibat adanya interferensi radio di dekat kawasan Kutub Utara.

Dikutip dari CBS News, 2 Februari 2012, saat astronom mengamati badai Matahari terhebat dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah orang yang beruntung yang tinggal di kawasan belahan bumi Utara di latitude tinggi, mulai dari Kanada sampai negara-negara Skandinavia dapat melihat efek badai tersebut.

Di seluruh bagian atas Bumi, partikel-partikel surya yang bertumbukan dengan medan magnet planet Bumi telah memunculkan aurora borealis (atau disebut juga northern lights) yang sangat indah. Cahaya ini bisa dilihat dengan mata telanjang.

Meski begitu, tentunya badai Matahari hanya bisa dilihat menggunakan satelit. Dari pantauan kamera, sebuah letusan lidah api yang terjadi pada Minggu, 29 Januari lalu di permukaan Matahari telah melontarkan awan raksasa yang terdiri dari proton, elektron, dan partikel atom hingga mencapai miliaran ton ke arah Bumi dengan kecepatan 6,4 juta kilometer per jam.

“Badai radiasi ini bertahan lama. Fenomena seperti ini jarang muncul, tetapi saat terjadi, efeknya akan kita rasakan selama beberapa hari,” kata Douglas Beisecker, peneliti dari Space Weather Prediction Center, Colorado, Amerika Serikat.

Vivanews.

Lenovo IdeaPad U310 Dan U410 Baru

Lenovo merilis sepasang ultrabook IdeaPad U310 dan U410. Masing-masing menggunakan layar 13.3-inch dan 14-inch dengan opsi penyimpanan SSD 64GB atau harddisk 500GB.

IdeaPad U410 memiliiki ketebalan sekitar 0.83-inci,berat mencapai 4.18-pounds, Ultrabook ini menggunakan Intel Core, namun untuk grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce 610M 1GB.


Dan IdeaPad U310 memiliki ketebalan 0.7-inch dan berat 3.74-pounds, memakai prosesor Intel Core yang berpasangan dengan pengolah grafis GMA 3000 HD. Lenovo mengklaim bahwa daya tahan baterai duo ultrabooks nya bisa mencapai 8 jam. Ultrabook IdeaPad U310 and U410 tersedia dalam berbagai varian warna, seperti Aqua Blue, Cherry Blossom, Graphite Gray, Ruby Red, Sapphire Blue and Spearmint.

Kedua Ultrabook diatas akan menggunakan Windows 7 dan dilengkapi dengan Lenovo’s Smart Update tool, yang akan bekerja secara otomatis mengupdate mailbox, IM dan sosial media walaupun dalam keadaan sleep mode. Kedua Lenovo IdeaPad ini rencananya akan mulai tersedia Mei 2012 dan harganya mulai dari $699.

Samsung Meluncurkan notebook gaming Yellow Series 7

Samsung  meluncurkan notebook gaming Yellow Series 7 yang cocok buat para gamer generasi muda dan pelanggan wanita. Bagian luar dari notebook berwarna kuning telah mendapat teknologi pelapisan Glass Flake untuk meningkatkan daya tahan dengan tampilan glossy dan elegan.

Yellow Series 7 laptop GAMER ini didukung oleh prosesor Intel Core i7 quad-core dengan memori 8GB RAM dan harddisk berkapasitas 1TB. Laptop ini dilengkapi dengan layar besar berukuran 17,3 inci LED-backlit  FULL HD LCD dan keyboard backlit. Bahkan notebook ini telah dipilih sebagai notebook resmi Dunia Cyber ​​Games 2011.


Harga versi 2D adalah 2,570,000 won (US$2228) dan varian 3D dengan harga 2,810,000 won (US$2437).

Google Hadirkan Android Bentuk Jam Tangan

Kabar baik untuk para pecinta berat  Google. Raksasa Search Engine atau mesin pencari dikabarkan telah bekerjasama dengan Modify Watch untuk menghadirkan beberapa jam tangan dengan desain yang terinspirasi oleh Google. Google Bekerjasama dengan Modify Watch menghadirkan android dalam bentuk jam tangan.


Rencananya, jam tangan ini nantinya akan tersedia dalam tiga desain, Anda dapat memilih desain Chrome, Android atau Google. Kini semua varian jam tangan Google tersebut sudah tersedia di Google Store. Jam-jam tersebut memiliki fitur analog dengan tali gelang yang yang mudah diganti sesuai dengan suasana hati Anda. Anda bisa menyesuaikan warna tali jam tangan dengan pakaian yang anda pakai. Bahkan Google menjual tali jam tangan alternatif sebagai tambahan warna untuk jam tangan ini.

Belajar Ngetik Dengan 10 Jari

Berikut aturan jari-jari tangan yang harus anda biasakan.

  • Tangan kiri
  1. Jari kelingking : hanya untuk huruf Q, A, Z dengan peletakkan posisi awal jari kelingking di huruf A
  2. Jari manis : hanya untuk huruf W, S, X dengan peletakkan posisi awal jari manis di huruf S
  3. Jari tengah : hanya untuk huruf E, D, C dengan peletakkan posisi awal jari tengah di huruf D
  4. Jari telunjuk : hanya untuk huruf R, F, V, T, G, B dengan peletakkan posisi awal jari telunjuk di huruf F
  5. Ibu jari : hanya untuk spasi
  • Tangan Kanan
  1. Ibu jari : hanya untuk spasi
  2. Jari telunjuk : hanya untuk huruf Y, H, N, U, J, M dengan peletakkan posisi awal jari telunjuk di huruf H
  3. Jari tengah : hanya untuk huruf I K (koma) dengan peletakkan posisi awal jari tengah di huruf K
  4. Jari manis : hanya untuk huruf O L (titik) dengan peletakkan posisi awal jari manis di huruf L
  5. Jari kelingking : hanya untuk huruf P (titik koma), (garis miring) dengan peletakkan posisi awal jari kelingking di tanda : (titik dua)
Sebenarnya, mengetik dengan 10 jari tergantungan kebiasaan kita saja. kalau sudah terbiasa sambil merempun jadi seperti kita ngetik sms saja.

    Desain Pembelajaran Berbasis TI


    Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat pesat, menurut catatan www.internetworldstats.com/ saat ini ada satu milyard pengguna internet di dunia. Penetrasi internet di Asia adalah 10%, sedangkan di Amerika mencapai 67%. Indonesia menduduki urutan ke 13 pengguna internet dunia dengan jumlah pengguna internet tahun 2006, sebanyak 18 juta orang. Angka itu mencapai 10 kali lebih besar dibanding lima tahun lalu. Tidak berlebihan apabila ada yang mengatakan bahwa TIK membawa gelombang baru menuju perubahan besar dalam sejarah kebudayaan manusia.

    Tinsiri memberi perumpamaan yang sangat baik dalam menghadapi perkembangan TIK. Ia mengatakan, apabila TIK tersebut diibaratkan arus badai, maka setidak-tidaknya ada tiga kemungkinan sikap kita menghadapinya, yaitu mencoba bertahan melawan arus, hanyut terbawa arus, atau memanfaatkan arus. Dalam perumpamaan ini, sikap yang paling tepat adalah yang terakhir, memanfaatkan arus sebagai sumber energi. Demikian pula dalam dunia pendidikan. Arus TIK telah masuk ke dunia pendidikan. Hadirnya TIK di sekolah, di ruang kelas, di rumah, bahkan di kamar tidur siswa, tidak lagi dapat dibendung. Hadirnya TIK bukan lagi sebuah pilihan, kita memilih ataupun tidak, era TIK telah hadir.

    TIK mempunyai potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pada blue print TIK Depdiknas, stidak-tidaknya disebutkan ada tujuh fungsi TIK dalam pendidikan, yakni sebagai sumber belajar, alat bantu belajar, fasilitas pembelajaran, standard kompetensi, sistem administrasi, pendukung keputusan, sebagai infrastruktur.

    B. Rumusan Masalah

    1. Apa pengertian desain pembelajaran berbasis teknologi informasi?

    2. Bagaimana konsep umum desain bahan ajar berbasis teknologi?

    3. Apa saja unsur-unsur desain bahan ajar?

    C. Tujuan Masalah

    1. Untuk mengetahui pengertian desain pembelajaran berbasis teknologi informasi.

    2. Untuk mengetahui bagaimana konsep umum desain bahan ajar berbasis teknologi.

    3. Untuk mengetahui unsur-unsur desain bahan ajar.

    BAB II

    DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

    A. Pengertian Desain Dan Bahan Ajar

    1. Pengertian Desain

    Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta diawal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dan lain-lain.

    Desain secara etimologi, istilah Desain berasal dari beberapa serapan bahasa, yaitu kata "designo" (Itali) yang secara gramatikal berarti gambar yang bermakna.

    Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk "Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia" menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

    Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses". Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses pembelajaran.

    2. Pengertian Bahan Ajar

    Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.

    Lebih lanjut disebutkan bahwa bahan ajar berfungsi sebagai :

    1. Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa.

    2. Pedoman bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.

    3. Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.

    Dari pembahasan singkat diatas, desain bahan ajar berbasis teknologi dapat disarikan mmenjadi seperangkat materi yang disusun secara sistematis dengan menggunakan fasilitas teknologi dan informasi sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.

    B. Desain Bahan Ajar

    1. Software Bahan Ajar

    Teknologi selalu mencakup hardware dan software. Hardware akan berguna apabila tersedia software di dalamnya, demikian pula sebaliknya software baru akan dapat bermanfaat apabila ada hardware yang menjalankannya.
    Software dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu software operating sistem (OS), software aplikasi, dan software data atau konten. OS adalah software yang berfungsi sebagai sistem operasi, seperti DOS, Windows, Linux, dan Unix. Aplikasi adalah software yang digunakan untuk membangun atau menjalankan proses sesuai dengan perintah-perintah pemrograman, misalnya office, LMS, CMS, dan lain-lain. Sedangkan data atau bahan ajar termasuk ke dalam kelompok software konten, misalnya bahan ajar baik berupa teks, audio, gambar, video, animasi, dan lain-lain.

    Dalam pengertian yang paling sederhana, suatu proses belajar akan terjadi apabila tersedia sekurang-kurangnya dua unsur, yakni orang yang belajar dan sumber belajar. Sumber belajar mencakup orang (nara sumber), alat (hardware), bahan (software), lingkungan (latar, setting), dan lain-lain. Bahan ajar adalah salah satu jenis dari sumber belajar. Bahan belajar merupakan elemen penting dalam elearning. Tidak ada elearning tanpa ketersediaan bahan belajar. Untuk itu, maka kemampuan seorang guru dalam mengembangkan bahan belajar berbasis web menjadi sangat penting.

    2. Jenis Bahan Ajar

    Bahan ajar adalah segala bentuk konten baik teks, audio, foto, video, animasi, dan lain-lain yang dapat digunakan untuk belajar. Ditinjau dari subjeknya, bahan ajar dapat dikatogorikan menjadi dua jenis, yakni bahan ajar yang sengaja dirancang untuk belajar dan bahan yang tidak dirancang namun dapat dimanfaatkan untuk belajar. Banyak bahan yang tidak dirancang untuk belajar, namun dapat digunakan untuk belajar, misalnya kliping koran, film, sinetron, iklan, berita, dan lain-lain. Karena sifatnya yang tidak dirancang, maka pemanfaatan bahan ajar seperti ini perlu diseleksi sesuai dengan tujuan pembelajaran.

    Bahan belajar yang dirancang adalah bahan yang dengan sengaja disiapkan untuk keperluan belajar. Ditinjau dari sisi fungsinya, bahan ajar yang dirancang dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu:
    1. Bahan presentasi.
    2. Bahan referensi.
    3. Bahan belajar mandiri.

    Sedangkan ditinjau dari media, bahan ajar dapat kelompokkan menjadi bahan ajar cetak, audio, video, televisi, multimedia, dan web. Sekurang-kurangnya ada empat ciri bahan ajar yang sengaja dirancang, yakni:
    1. adanya tujuan yang jelas
    2. ada sajian materi
    3. ada petunjuk belajar
    4. ada evaluasi keberhasilan belajar.
    3. Bahan Ajar Berbasis Web.

    Sebagaimana sebutannya, bahan ajar berbasis web adalah bahan ajar yang disiapkan, dijalankan, dan dimanfaatkan dengan media web. Bahan ajar sering juga disebut bahan ajar berbasis internet atau bahan ajar on line. Terdapat tiga karakteristik utama yang merupakan potensi besar bahan ajar berbasis web, yakni;

    1. menyajikan multimedia.
    2. menyimpan, mengolah, dan menyajikan infromasi hyperlink.

    Karena sifatnya yang on line, maka bahan ajar berbasis web mempunyai karakteristik khusus sesuai dengan karakteristik web itu sendiri. Salah satu karakteristik yang paling menonjol adalah adanya fasilitas hyperlink. Hyperlink memungkinkan sesuatu subjek nge-link ke subjek lain tanpa ada batasan fisik dan geografis, selama subjek yang bersangkutan tersedia pada web. Dengan adanya fasilitas hyperlink maka sumber belajar menjadi sangat kaya. Search engine sangat membantu untuk mencari subjek yang dapat dijadikan link.

    4. Unsur-unsur Bahan Ajar

    Bahan ajar setidak tidaknya harus memiliki enam unsur, yaitu mencakup:
    1. Tujuan.
    2. Sasaran.
    3. Uraian.
    4. Materi.
    5. Sistematika.
    6. Sajian.
    7. Petunjuk belajar.
    8. Evaluasi.

    Sebuah bahan ajar harus mempunyai tujuan. Tujuan harus dirumuskan secara jelas dan terukur mencakup kriteria ABCD (audience, behavior, criterion, dan degree). Sasaran perlu dirumuskan secara spesifik, untuk siapa bahan relajar itu ditujukan. Sasaran bukan sekedar mengandung pernyataan subjek orang, Namun juga harus mencakup kemampuan apa yang menjadi prasyarat yang harus sudah mereka kuasai agar dapat memahami bahan ajar ini.

    5. Langkah-langkah Pengembangan

    Secara makro, pengembangan bahan ajar mencakup langkah-langkah analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Secara mikro, langkah-langkah pengembangan bahan ajar berbasis web dimulai dari penentuan sasaran, pemilihan topik, pembuatan peta materi, perumusan tujuan, penyusunan alat evaluasi, pengumpulan referensi, penyusunan bahan, editing, upload, dan testing.

    6. Penentuan Sasaran

    Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menyusun sebuah bahan ajar adalah menentukan secara jelas siapa sasaran bahan ajar tersebut. Di dalam kelas konvensional, sasaran telah sangat terstruktur, misalnya siswa kelas dua SMA semester pertama. Pernyataan tersebut telah mengandung indikasi yang jelas tentang siapa mereka, kemampuan apa yang harus mereka kuasai, serta di mana kedudukan bahan belajar yang akan disajikan dalam keseluruhan kurikulum sekolah. Demikian pula pada penyusunan bahan belajar berbasis web sasaran harus dicantumkan secara spesifik.

    7. Pemilihan Topik

    Setelah sasaran ditentukan, langkah selanjutnya adalah memilih topik yang sesuai dengan kebutuhan sasaran tersebut. Pemilihan topik dapat dilakukan dengan pertimbangan, antara lain; materi sulit, penting diketahui, bermanfaat, merupakan sesuatu yang baru, sesuatu yang belum banyak diketahui, atau bahasan dari sudut pandang lain, dan lain-lain.

    8. Pembuatan Peta Materi

    Peta materi sangat membantu dalam merumuskan keluasan dan kedalaman materi yang akan dibahas. Membuat peta materi dapat diibaratkan menggambar sebuah batang pohon yang bercabang dan beranting, semakin banyak cabang maka semakin luas bahasan materi. Sedangkan apabila kita menghendaki bahasan yang fokus dan spesifik, maka kembangkanlah bagian ranting-ranting.

    9. Penyusunan Alat Evaluasi

    Setelah merumuskan tujuan, langsung diikuti dengan perumusan alat evaluasi. Alat evaluasi dimaksudkan untuk menjawab dengan cara bagaimana kita dapat mengetahui sesuatu tujuan itu telah tercapai. Setiap indikator tujuan harus dapat diukur keberhasilannya. Sebuah rumusan tujuan dapat diukur dengan satu butir alat evaluasi. Dapat satu set alat evaluasi mengukur serangkai tujuan. Misalnya kita merumuskan tujuan mampu mengendari sepeda motor, maka alat evaluasi yang mungkin adalah lembar observasi tentang kemampuan mengendarai sepeda motor.

    BAB III

    KESIMPULAN

    Dengan memanfaatkan internet atau teknologi informasi, kita akan dengan sangat mudah memperoleh berbagai informasi dan bahan belajar yang kita perlukan. Sumber belajar pada dunia maya sangat kaya, Selama kita memahami bahasannya, sumber belajar dari berbagai belahan dunia dapat kita peroleh. Dari mana bahan itu datang? Sesungguhnya, kita tidak akan mendapatkan apa-apa kalau tidak ada orang yang menyediakan bahan belajar tersebut di web. Oleh karena itu, pada dunia web, tidak baik kita hanya memposisikan diri sebagai konsumen.

    DAFTAR PUSTAKA

    · Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Pembuatan Multimedia Pembelajran Interaktif. Jakarta: 2007.

    · Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta: 2006.

    · www.internetworldstats.com.

    Label dari

    Agama dan Sains

    Dalam sebuah parjalanan manusia, kita telah sejak lama terlibat dalam permainan cari mencari yang abadi, dalam permainan itu antara akal dan kepercayaan saling silih berganti sebagai sasaran pencarian. Kebutuhan kita untuk mempercayai dan kemampuan kita untuk berpikir jarang sekali mencapai titik perimbangan, padahal hanya dengan cara demikianlah wujud keberadaan manusia dapat memperoleh ketenangan btiniah. Oleh karena itu dalm hal ini membahas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan kepercayaan (agama) dan masalah-masalah yang berhubungan pada akaln pikiran manusia yang lebih khususnya mengenai sains Yang keduanya melengkapi kebutuhan hidup manusia.

    B.   Rumusan Masalah
    1.Apa agama itu?
    2.Apa sains itu?
    3.Apa persamaan dan perbedaan sains dan agama?

    C. Tujuan
         1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan agama.
          2. mengetahui apa yang dimaksud dengan sains.
          3. mengetahui persamaan dan perbedaan antara sains dan agama.








    BAB II
    PEMBAHASAN
    A.   AGAMA
    1. Pegertian Agama
    Pengertian tentang agama sangatlah banyak, namun Harun Nasution mendefinisikan agama sebagai berikut:
    a. Pengakuan terhadap adanya hubungan manusia dengan kekuatan gaib yang harus dipatuhi
    b. Pengakuan terhadap adanya kekuatan gaib yang menguasai manusia.
    c. Mengikatkan diri pada suatu bentuka hidup yang mengandung pengakuan pada suatu sumber yang berada diluar diri manusia yang mempengaruhi perbuatan-perbuatan manusia.
    d. Kepercayaan pada suatu kekuatan gaib yang menimbulkan cara hidup tertentu.
    e. Suatu sistem tingkah laku yang berasal dari kekuatan gaib.
    f. Pengakuan terhadap adanya kewajiban-kewajiban yang diyakini bersumber pada kekuatan yang gaib
    g. Pemujaan terhadap kekuatan gaib yang timbul dari perasaan lemahdan pesrasaan takut terhadap kekuatan misteriusyang terdapat dalam alam sekitar manusia.
    h. Ajaran yang diwahyukan Tuhan kepada manusia melalui seorang Rasul.
    Agama adalah suatu sistem kepercayaan kepada Tuhan yang dianut oleh sekelompok manusia dengan selalu mengadakan interaksi dengan-Nya. Pokok pembahasan yang dibahas dalam agama adalah eksistensi Tuhan, manusia, serta hubungan antara manusia dengan Tuhan.
    Agama memang mengandung arti ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi manusia. Ikatan ini mempunyai penagruh besar sekali terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Ikatan itu berasal dari suatu kekuatanyang lebih tinngi dari manusia. Satu kekuatan gaib yang dapat ditangkap oleh panca indra.
    Aktivitas agama itu sendiri mencakup kepada: ketaaatn dan kecintaan terhadap Tuhan, penerimaan wahyu yang supranatural, kepercayaan kepada jiwa, kebaktian, pemisahan antara yang sakral dengan profane pengorbanan, perasaan diosa dan menyesal serta pencarian keselamatan.
    Agama tidak hanya sekedar agama, melainkan untuk diterapkan daam kehidupan dan segala aspeknya. Dalam agama, harus ada perealisasian dalam kehidupan manusia dengan mematuhi ajaran agama yang telah dianut manusia tersebut sehingga manusia yang memang benar-benar mematuhi jaran agam akan mendapatkan balasannya kelak nanti di akhirat. Pengetahuan dan kebenaran agama dapat dijadikan sumber inspirasi untuk menyusun teori-teori dalam kehidupan. Pengetahuan dan kebenaran agam a yang berisikan kepercayaan dan nilai-nilai dalamkehidupan, dapat dijadikan sumber dalam menentukan tujuan dan paradigma hidup manusia, dan sampai pada perilaku manusia itu sendiri.
    2. Ciri-ciri agama
    Ciri-ciri agama adalah sebagai berikut:
    • Agama merupakan suatu sistem keimanan atau keyakinan terhadap eksistensi sesuatu yang absolut (mutlak) di luar diri manusia yang merupakan Causa-prima atau penyebab pertama dari pada segala sesuatu termasuk dunia itu dan segala isinya.
    • Agama merupakan satu sistem ritual atau peribadatan atau penyembahan dari manusia kepada sesuatu yang diberi predikat yang absolut (mutlak) atau causa prima itu.
    • Agama merupakan suatu sistem nilai (value system) atau sistem norma atau kaidah yang menjadi pola hubungan manusiawi antara sesama manusia dan pola hubungan dengan ciptaan lainnyas dari yang absolut (mutlak) atau causa-prima itu dengan yang seirama dengan tauhid
    • Agama memiliki kepercayaan terhadap hal-hal yang gaib, kudus Maha Agung, dan pencipta Alam semesta (Tuhan).
    • Manusia melakukan hubungan dengan hal-hal tersebut di atas, dengan melakukan berbagai cara, seperti dengan mengadakan upacara-upacara eitua, pemujaan, pengabdian dan do’a.
    • Agama memiliki suatu ajaran (doktrin) yang harus di jalankan oleh setiap pemeluknya.
    3. Manfaat Agama
     Terlepas dari pada berbagai bentuk ataupun tipe agama, manusia di dunia akan menjadi penganut atau pengikutnya yang setia. Karena menurut kepercayaan manusia telah memberikan sesuatu yang sangat berharga bagi kehidupannya, yang tidak mungkin dapat diuji dengan pengalaman maupun akal, seperti halnya menguji ilmu dan filsafat, karena agama lebih banyak menyangkut perasaan dan keyakinan.
    Menurut Hocking, agama merupakan obat dari kesukaran, dan kekhawatiran yang dihadapi manusia , sekurang-kurangnya meringankan kehawatiran dari kesukaran yang dialami manusia tersebut. Agama merupakan pernyataan pengharapan manusia dalam dunia yang besar (jagat raya), karena ada jalan hidup yang benar yang perlu ditemukan. Agama menjadi suatu lembaga yang bersemangat untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dan membayangkannya sebagai suatu tuntutan yang kosmis.
     Selain itu juga manusia merupakan makhluk yang berpotensi memiliki agama, buktinya dilihat dari bukti historis dan antropologis. Melalui bukti historis dan antropologis kita mengetahui bahwa pada manusia primitive yang kepadanya tidak pernah datang informasi mengenai Tuhan, ternyata mereka mempercayai adanya Tuhan, sungguhpun Tuhan yang mereka percayai itu terbatas pada daya khayalnya. Oleh karena itu agama merupakan suatu kebutuhan yang dapat lahir begitu saja.
    Tujuan akhir dari agama bagi manusia adalah mengembalikan manusia kepada keadaan sebelum ia ada, dan ini melibatkan upaya pencarian identitas dan nasib terakhirnya, dengan melakukan perbuatan yang benar (amal shaleh). “Kembali” dalam hal ini adalah hidup itu sendiri, yang mencakup pencarian ilmu yang benar, pemahaman terhadap tanda-tanda dan lambang-lambang tuhan yang tertulis dalam ktab alam tabi’i (alam lahiriyah di sekitar kita, tempat manusia hidup), dengan menggunakan cahaya petunjuk firman-Nya dan yang ditfsirkan oleh manusia suci utusan-Nya.
    B.   Sains
    1.      Pengertian Sains
    Berdasarkan webster new collegiate dictionary definisi dari sains adalah “pengetahuan yang diperolehmelalui pembelajaran dan pembuktian” atau “pengetahuan yang melingkupi suatu kebenaran umum dari hukum – hukum alam yang terjadi misalnya didapatkan dan dibuktikan melalui metode ilmiah. Sains dalam hal ini merujuk kepada sebuah sistem untuk mendapatkan pengetahuan yang dengan menggunakan pengamatan dan eksperimen untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena – fenomena yang terjadi di alam.
    Sains adalah pengetahun yang logis dan didukung oleh bukti empiris, namun pada dasarnya pengetahuan sains tetaplah suatu pengatahuan yang berdasarkan pada bukti nyata (bukti empiris). Dalam bentuknya yang baku pengetahuan sains itu mempunyai paradigma dan metode tertentu. Paradigmanya dapat dikatakan paradigma positif (positivistic paradigm) dan metodenya disebut metode ilmiah (scientific method). Formula utama dalam pengetahuan Sains adalah “Buktikan bahwa itu logis dan tunjukkan bukti empirisnya”.
    Banyak masyarakat beranggapan bahwa sains itu hanya berkaitan dengan hal-hal yang dapat dibuktikan secara alamiah. Satu sis penting sains modern sejak dekade 30-an adalah munculnya kesadaran bahwa sains tidak mengenal adanya kebenaran mutlak. Karena satu hal yang sangat mendasar yang ditekankan di sini adalah bahwa seorang ilmuwan tidak boleh sekali-sekali menyatakan bahwa teorinya itu benar secara mutlak. Satu sains lainnya yang juga sangat mendasar adalah bahwa tanpa menghiraukan serangkaian percobaan yang telah berhasil dilakukannya, apabila terdapat pengujian yang secara sah terbukti menunjukkan bahwa teori tersebut salah, maka seluruh bangunan teoritis itu menjadi runtuh.
    2.      Ciri-Ciri Sains
    adapun ciri-ciri sains itu diantaranya:
    ·         Analitis; memeriksa semua gejala melalui unsur terkecilnya untuk memperoleh gambaran senyatanya menurut bagiannya dengan menggarap salah satu lapanga pengetahuan seagai objek formulanya.
    ·          Menekankan fakta untuk melukiskan obyeknya; netral dan mengabstrakkan faktor keinginan dan penilaian manusia.
    ·         Memulai sesuatu dengan memakai asumsi-asumsi
    ·         Menggunakan metode eksperimen yang terkontrol sebagai cara kerja dan sifat terpenting; menguji sesuatu dengan berdasarkan penginderan.
    3.      Manfaat sains
    Dalam kehidupan manusia sians diidentikan dengan penelitian-penelitian yang memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia itu sendiri. Karena dengan adanya sains membuat peradaban manusia menjadi lebih maju. Dengan munculnya teknologi membuat manusia ingin lebih mengembangkan adanya teknologi tersebut dengan mengadakan penelitian-penelitian demi kelangsungan hidup manusia yang lebih baik.
    C.   Sains dan Agama
    Sains dan agama, merupakan dua entitas yang sama-sama telah mewarnai sejarah
    kehidupan umat manusia. Sebab, keduanya telah berperan penting dalam membangun
    peradaban. Dengan lahirnya agama,tidak saja telah menjadikan umat manusia memiliki iman,tapi hal lain yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah terbangunnya manusia yang beretika, bermoral dan beradab yang menjadi pandangan hidup bagi manusia dalam menjalani hidup di dunia.
    Sementara sains dengan puncak perkembangan yang telah dicapai, juga telah menjadikan kemajuan dunia dengan berbagai penemuanyanggemilang.Tetapi, sepanjang sejarah ke hidupan umat manusia itu pula, hubungan sains dan agama tak bisa dikata selaluharmonis. Dengan kata lain, dalam perdebatan mengenai hubungan sains dan agama, tidak selalu membangun simpul kesepakatan. Selalu ada ruang kosong yang itu merupakan ruang debat yang tak sekadar simpel dan sederhana, melainkan juga amat membingungkan dan bahkan membuat "pusing" kepala.Memang, harus diakui bahwa "nasib"agama dikhawatirkan bisa terancam dengan kemunculan sains yang seolah menyerang agama habis-habisan.Kendati demikian, tetaplah muncul pula sebuah harapan akan peranan sains dalam menyingkirkan unsur-unsur"takhayul" dalam ajaran agama dan dengan itu bisa membantu agama tetap eksis "dipeluk" umat manusia karena bersifat rasional.
    Dalam hal ini akan dibahas lebih lanjut mengenai prsamaan dan perbedaan sain dan agama.
    1. Persamaan Agama dan Sains
    Antara sains dan agama tentunya terdapat persamaan-persamaan diantaranya:
    v  Keduanya merupakan sumber atau wadah kebenaran (obyektifitas) atau bentuk pengetahuan.
    v  Dalam mencari bentuk kebenaran tersebut masing-masing mempunyai metode, sistem dan mengolah obyeknya sampai habis-habisan.
    v  Sains bertujuan mencari kebenaran tentang mikrikosmos (manusia), makrokosmos (alam), dan eksistensi Tuhan atau Allah. Dan agam bertujuan untuk kebahagiaan ummat manusia di dunia akhirat dengan menunjukkan kebenaran asasi dan mutlak itu. Baik itu mengenai manusia alam maupun Tuhan atau Allah itu sendiri.
    1. Perbedaan antara Agama dan Sains
    Adapun perbedaan antara agama dan sains antara lain:
    v  Sumber kebenaran sains itu berasal dari manusia itu sendiri dalam arti pikiran, pengalaman, dan intuisinya. Sedangkan sumber kebenaran agama dalah dari allah di langit,karena itu bersifat vertikal transdental.
    v  Pendekatan kebenaran sains dengan jalan riset pengalaman dan percobaan sebagai tolok ukurnya. Sedangkan pendekatan kebenaran agama dengan berpaling kepada wahyu allah yang dikodifikasikan dalam kitab suci.
    v  Sifat kebenaran sains adalah positif (sampai saat ini) dan nisbi (relatif). Sedangkan sifat kebenaran agama adalah mutlak (absolut), karena bersumber dari Dzat Yang Maha Benar, Maha Mutlak, Maha Sempurna, Maha Bijaksana, yaitu; Allah.
    v  Tujuan sains hanyalah bersifat teoritis dan umumnya pengalamnnya untuk tujuan ekonomi praktis atau untuk kenikmatan jasmani manusia. Sedangkan tujuan agama adalh kedamian, keridhaan, keselamatan dalam Islam istilahnya: “salam” seperti ucapan Allah pada ahli surga di akhirat.
    D.   Pandangan Agama dan  Sains
    1. Pandangan Agama dan Sains menurut Barat
    Dalam pikiran kebanyakan orang barat, terdapat penekanan yang berlebih-lebihan pada pembagian antara pendekatan agama dan sains dalam mengungkapkan alam semesta. Agama sering dikatakan sebagai “dibuat-buat”, sementara pendekatan sains sebagai yang nyata dan benar-benar adanya. Ironisnya, sekalipun mereka telah menolak agama formal dan tradisi, namun terdapat ketertarikan terhadap supernatural, khususnya ketika sains fiktif berada di dalamnya. Mereka sering kali menerima bukti dari tangan kedua atau ketiga tentang pesawat piring UFO, akan tetapi meragukan bukti keberadaan Tuhan. Bukti ilmiah menjadi satu-satunya hal yang isa diterima. Memang cukup mengejutkan, mereka berkesimpulan bahwa letak masa depan kemanusiaan bukan berada di mesjid, candi, ataupun gereja, melainkan di labolatorium. Pelajar muslim di dunia barat sangat rapuh dan rentan menghadapi serangan pengaruh intelekual yang naif seperti ini. Persoalannya jelas dan tidak bisa diabaikan begitu saj.
    1. Pandangan agama an sains menurut islam
    Dari sudut pandang islam, pengajaran sains tidak menerapkan pandangan “umum” yang menyesatkan karea hal ini akan memperkuat sarjana dualisme barat atara pola berpikr ilmiah dan keagamaan. Karena menurut Islam tanpa adanya pengajaran sains yan terencana secara hati-hati maka seseorang dengan sendirinya akan menerapkan bentukan pemikiran sekuler ysng berlaku selama ini dan menerima pendapat adanya pertentangan antara sains dan agam. Begitu kuatnya bentukan sekuler itu dalam sistem pendidikan modern sehingga jika ada seorang murid sains di saat menjelaskan teori evolusi (proses seleksei alam) menolak untuk membahas masalah ciptan, maka sebagian besar siswa akan secara otomatis beranggapan bahwa evolusi telah mengganti ciptaan. Ini merupakan persoalan mendasar di masyarakat yang secara tajam membedakan antara persoalan agama dengan persoalan negara

    Jangan di Copas saya tidak bisa memberikan referensinya silahkan baca saja dan cari sumber yang lebih tepat sobat.

    Label dari

    Balasan Kesabaran

    Anas bin Malik radhiallahu anhu berkata : "Anak laki-laki Abu Thalhah dari Ummu Salamah meninggal dunia. Maka isterinya berkata kepada keluarganya, 'Jangan kalian beritakan kepada Abu Thalhah tentang kematiannya, sampai aku sendiri yang mengabarkannya!' Anas bin Malik berkata, 'Abu Thalhah datang dan dihidangkan kepadanya makan malam, maka ia pun makan dan minum', Anas berkata, 'Sang isteri kemudian berdandan indah bahkan lebih indah dari waktu-waktu yang sebelumnya. Setelah dia merasa bahwa Abu Thalhah telah kenyang dan puas dengan pelayanannya, sang isteri bertanya, 'Wahai Abu Thalhah, bagaimana pendapatmu tentang suatu kaum yang meminjamkan sesuatu kepada sebuah keluarga, lalu mereka mengambil barang yang dipinjamkannya, apakah mereka berhak menolaknya?' Ia berkata, 'Tidak (berhak)!' 'Jika demikian, maka mintalah pahalanya kepada Allah tentang puteramu (yang telah diambilnya kembali)!, kata sang isteri. Suaminya menyergah, 'Engkau biarkan akau, sehingga aku tidak mengetahui apa-apa, lalu engkau beritakan tentang (kematian) anakku?' Setelah itu, ia berangkat mendatangi Rasulullah SAW lalu ia ceritakan apa yang telah terjadi. Maka Rasulullah SAW bersabda, 'Semoga Allah memberkahi kalian berdua tadi malam'. Anas berkata, 'Lalu isterinya mengandung dan melahirkan seorang anak. Kemudian Abu Thalhah berkata kepadaku, 'Bawalah dia kepada Nabi SAW'. Lalu aku bawakan untuknya beberapa buah kurma. Nabi SAW lalu mengambil anak itu seraya berkata, 'Apakah dia membawa sesuatu?' Mereka berkata, 'Ya, beberapa buah kurma', Nabi SAW kemudian mengambilnya dan mengunyahnya, lalu diambilnya dari mulutnya, kemudian diletakkannya di mulut bayi itu dan beliau menggosok-gosokkannya pada langit-langit mulut bayi tiu, dan beliau menamainya Abdullah." (HR. Al-Bukhari, 9/587 dalam Al-Aqiqah, Muslim no. 2144). 

    Dalam riwayat Al-Bukhari, Sufyan bin Uyainah berkata : "Seorang laki-laki dari shahabat Anshar berkata, 'Aku melihat mereka memiliki sembilan anak. Semuanya telah hafal Al-Qur'an, yakni dari anak-anak Abdullah, yang dilahirkan dari persetubuhan malam itu, yaitu malam wafatnya anak yang pertama, yaitu Abu Umair yang Nabi SAW mencandainya seraya berkata, 'Hai Abu Umair, apa yang sedang dilakukan anak burung pipit?'' 

    Dalam riwayat lain (Riwayat ini disebutkan oleh Thahir bin Muhammad Al-Haddad dalam kitanya "Uyunul Majalis an Mu'awiyah bin Qurrah". Lihat Baradul Akbad, hal. 25) disebutkan : "Ia berkata, Maka isterinya pun hamil mengandung anaknya, lalu anak itu ia beri nama Abdullah, lalu Rasulullah SAW bersabda, 'Segala puji bagi Allah yang menjadikan dalam umatku orang yang memiliki kesabaran seperti kesabaran seorang wanita dari Bani Israil'. Kepada beliau ditanyakan, 'Bagaiman beritanya wahai Rasulullah?' Beliau bersabda, 'Dalam Bani Israil terdapat wanita bersuami yang memiliki dua anak. Suaminya memerintahkannya menyediakan makanan untuk orang-orang yang ia undang. Para undangan berkumpul di rumahnya. Ketika itu kedua anaknya keluar untuk bermain, tiba-tiba mereka terjatuh ke dalam sumur dekat rumahnya. Sang isteri tidak hendak mengganggu suaminya bersama para tamunya, maka keduanya ia masukkan ke dalam rumah dan ditutupinya dengan pakaian. Ketika para undangan sudah pulang, sang suami masuk seraya bertanya, 'di mana anak-anakku?' Isterinya menjawab, 'Di dalam rumah'. Ia lalu mengenakan minyak wangi dan menawarkan diri kepada suaminya, sehingga mereka melakukan jima'. Sang suami kembali bertanya, 'Di mana anak-anakku?' 'Di dalam rumah', jawab isterinya. Lalu sang ayah memanggil kedua anaknya. 'Tiba-tiba mereka keluar memenuhi panggilan. Sang isteri terperanjat, 'Subhanallah, Mahasuci Allah, demi Allah keduanya telah meninggal dunia, tetapi Allah menghidupkannya kembali sebagi balasan dari kesabaranku!" 

    Oleh :  Al-Islam - Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia 

    Software Terbaik Akuntansi Keuangan

    Akuntansi adalah seni dalam mengukur dan menginterpretasikan aktivitas laporan keuangan. Program atau Software Akuntansi merupakan perangkat lunak atau softwae yang dibuat untuk memudahkan aktivitas dan pencatatan akuntansi dengan memanfaatkan konsep modularitas atas serangkaian aktivitas yang serupa ke dalam modul-modul spesifik seperti pembelian (Account payable), penjualan (Account receivable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Perangkat atau software ini lunak ini bisa merupakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, atau dibeli dari pihak ketiga yang menyediakannya, atau dapat pula merupakan kombinasi dari keduanya seperti software akuntansi dari zahir yang mempunyai software akuntansi dengan laporan keuangan terbaik. Karena hal tersebut, kompleksitas dan kapabilitas perangkat lunak akuntansi menjadi sangat beragam bergantung pada kondisi lingkungan perusahaan yang akan menggunakannya. Ada banyak perangkat lunak akuntansi baik buatan lokal maupun luar negeri dengan fitur-fitur seperti:

    1. Multi User
    2. Multi Company
    3. Berbagai Bahasa
    4. Database
    5. Multi Cabang
    6. Multi Currency
    7. Modul AR, AP, GL, Stock, Payroll, dan lain-lain
    Software akuntansi ditujukan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan, yaitu Neraca (Balance Sheet) - Rugi laba (Profit Lost Statement) - Laporan Perubahan Posisi Keuangan (Cash Flow). Untuk dapat menghasilkan laporan tersebut, langkah mendasar adalah menyusun perkiraan atau account atau ledger atau Buku Besar. Dimana setiap ledger memiliki kode dan nama (yang lazim digunakan) serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, sepert ledger untuk Neraca, Ledger untuk rugi Laba, Ledger untuk Biaya Pabrikasi dan Ledger untuk Manufaktur.

    Hotel Murah di Bandung via KlikHotel.com

    Hotel Murah di Bandung via KlikHotel.com

    Nah..Jika anda sering bepergian jauh misalnya dari Bali ke Bandung atau dari Yogyakarata ke Bandung maka anda perlu beristirahat dan membutuhkan sebuah Hotel. Nah sekarang sebelum anda pergi ke Bandung tidak ada salahnya anda pesan terlebih dahulu hotel murah di Bandung Via klikhotel.com. Untuk Pembayaran pemesanan hotel di klikhotel.com yaitu dengan cara online, bisa dilakukan melalui  internet banking, VIA ATM, kartu kredit atau bisa juga melalui Paypal. Jika pembayaran selesai, maka KlikHotel.com akan mengirim informasi via email berupa voucher dan invoice pemesanan kepada email pemesan hotel. Tak salah jika banyak elemen masyarakat yang menganjurkan untuk menggunakan layanan pemesanan Hotel Murah di Bandung via KlikHotel.com. Sangat mudah bukan?
    Hotel Murah di Bandung via KlikHotel.com Jika anda masih bingung dengan status klikhotel.com maka anda perlu mengetahui siapa dibalik klikhotel.com,  Nah  KlikHotel.com adalah sebuah layanan reservasi hotel secara online Indonesia yang sudah didaftarkan dibawah CV Anugerah Lestari Fajar Adhika Teknologi. Semua situs yang publikasikan dalam situs klikHotel.com telah terdaftar secara resmi di departemen Hukum dan HAM. Dan hak cipta dan patennya telah dimiliki oleh CV .Anugerah Lestari Fajar Adhika Teknologi.

    Alamat lengkap klikhotel.com :
    • Jl. Situ Aksan,
    • Pemukiman Taman Hijau No. 21
    • Bandung 40221
    • Jawa Barat, Indonesia
    • Telp: 022 6099 2002Cara pertama untuk melakukan pemesanan hotel di klikhotel.com, tentunya anda harus masuk ke webisitenya yaitu www.klikhotel.com