Pendekatan Kurikulum

PENDEKATAN KURIKULUM INDONESIA
PADA SAAT INI

Kurikulum merupakan pedoman mendasar dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan.dan juga sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan Berhasil tidaknya suatu pendidikan, tentu akan sangat tergantung pada kurikulum
Kurikulum yang disusun dipusat terdiri dari beberapa mata pelajaran pokok dengan harapan agar peserta didik diseluruh Indonesia mempunyai standar kecakapan yang sama. Kurikulum tersebut dinamai kurikulum nasional atau kurikulum inti. Dan kurikulum yang lain yang disusun di daerah – daerah disebut kurikulum muatan local.
  1. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.
  2. Kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor departemen agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah.
  3. Kurikulum tingkat satuan pendidikan SD/MI/ SMP/MTs/ SMA/MA/ SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan peserta didik.
Info:
Tujuan Penyusunan KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disusun dengan tujuan :
  1. Sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah;
  2. Menjadikan kurikulum lebih sesuai dengan kebutuhan setempat;
  3. Menciptakan suasana pembelajaran di sekolah yang bersifat mendidik, mencerdaskan dan mengembangkan kreativitas anak.
  4. Menciptakan pembelajaran yang efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan.
Sebagai contoh pendekatan kurikulum yang dilakukan di MI Andalan Cijantung Kabupaten Ciamis yang berada di bawah Yayasan Al-Islam Ponpes Al-Qur’an Cijantung ialah mengadopsi kurikulum yang telah ditetapkan oleh Departemen Agama sekaligus mengembangan kurikulum pesantren, kurikulum muatan lokal dengan ditunjang oleh kinerja guru-guru yang didik dan dilatih supaya lebih professional dalam melakukan pembelajarannya.

Label dari