Rumah Bersejarah Kalijati

Rumah Bersejarah Kalijati saat ini dijadikan sebagai museum di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Subang. Rumah Sejarah Kalijati banyak menyimpan bukti-bukti sejarah bangsa Indonesia. Anda dapat melihat koleksi-koleksi museum yang berhubungan dengan masa penjajahan Belanda dan Jepang.  Di tempat ini, pada tanggal 8 Maret 1942, telah dilaksanakan penyerahan kekuasaan Belanda kepada Jepang yang ditandai dengan penandatangan naskah penyerahan tanpa syarat kekuasaan Belanda kepada Jepang. Dengan ditandatangani perjanjian tersebut maka berakhirlah penjajahan Belanda secara keseluruhan di bumi Indonesia.

Dibangun dalam gaya postmodern, ruang dalam bagian pertama merupakan semacam ruang tamu. Pada ruangan ini sekarang tersimpan barang-barang bersejarah yang berkaitan dengan perjanjian penyerahan tanpa syarat pihak Belanda kepada Jepang, antara lain prasasti peringatan pendaratan pasukan Jepang, samurai Jepang, guci, keramik, dan beberapa benda pecah belah peralatan rumah tangga lainnya. Yang sangat menarik adalah penyajian peristiwa perjanjian penyerahan Belanda tanpa syarat kepada Jepang. Foto-fotonya disusun secara kronologis dan dilengkapi dengan keterangan.

Setelah ruang tamu, Anda akan masuk ke ruang tengah, yang merupakan tempat dilaksanakannya perjanjian penyerahan tanpa syarat Belanda kepada Jepang. Di ruangan ini terdapat meja dan kursi yang dahulu dipakai perundingan. Lokasi rumah indonesia ini:  Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati, Komplek Garuda E 25 Lanud Suryadarma
Koordinat : 06° 31' 426" E dan 107° 39' 660" S.

Sumber: http://disparbud.jabarprov.go.id/

Label dari